Tips Sukses dan Strategi Lulus SBMPTN

Hallo adek-adek sekarang waktunya untuk SBMPTN kan..?? saya akan sedikit share Tips Sukses dan Strategi Lulus SBMPTN dengan mudah. Tapi ini Cuma tips dari saya, kemungkinan besar bisa berhasil..Ammiiiinnnn…!!

Setelah lulus dari SMA, SMK ataupun MA kebanyakan akan memilih Universitas Negeri yang sudah di favoritkan sejak dulu..bener kan?? Selain kualitas perguruannya yang terjamin, juga bisa meringankan beban biaya kuliah dari orang tua, karena di tempat- tempat swasta biayanya sangatlah mahal. Tapi dengan ada banyaknya peserta yang mengikuti akan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ini sangat banyak, maka kita harus bersaing. Okey..sekarang waktunya berbagi Tips Sukses dan Strategi Lulus SBMPTN nya.

Tips Sukses Lulus SBMPTN


1. Pintar-pintar dalam Memilih Jurusan
Mantapkan dulu pilihanmu pada jurusan yang kamu pilih, apakah sesuai dengan kemampuan, minat dan bakatmu. Berhati-hatilah dalam memilih jurusan, karena tiap jurusan memiliki rangking atau nilai tersendiri. Kamu harus pasang strategi agar poinmu bisa mencapai ranking jurusan impianmu. Biasanya ketika SBMPTN, siswa bisa memilih 2 atau bahkan 3 jurusan untuk dituju. Pikirkan dari sekarang. Untuk pilihan pertama, pilih jurusan yang kamu favoritkan dan inginkan. Nah di pilihan ke dua atau ketiga, sebaiknya pilih jurusan yang secara kualitas bagus dan adek-adek yakin bahwa adek-adek bisa di terima di jurusan tersebut.

Sukses SBMPTN


2. Ikut Bimbingan Belajar
Sebenarnya, belajar sendiri dengan membeli buku untuk SNMPTN bisa kamu lakukan. Tapi biasanya dengan ikut bimbingan belajar, kamu bisa lebih semangat dengan adanya teman belajar. Gak hanya itu, pembimbing yang akan mengajar juga memiliki pengalaman dalam SBMPTN, jadi kamu bisa banyak bertanya kepada gurumu dan meminta trik-trik jitunya.

3. Sering Latihan Soal-soal Tahun Sebelumnya
Perbanyak latihan soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya tipe-tipe soalnya tidak akan banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Pelajari juga cara cepat menjawabnya, karena nantinya ketika ujian kamu gak boleh membuang banyak waktu. Dengan semakin banyak latihan soal, akan sering melatih kamu untuk memecahkan soal. Selama latihan, kamu juga harus latih kecepatan dalam menjawab. Beri patokan waktu untuk setiap soal. Lakukan ini setiap kamu tryout.

4. Perhatikan Kesehatan
Kesehatan juga penting untuk kamu sebelum melaksanakan tes SBMPTN. Ubah pola hidup menjadi lebih sehat, dan makan makanan bergizi. Sehat dan Kuat….hahahaha..!!

5. Hal-Hal teknis Selama Ujian berlangsung Pada saat ujian, ada beberapa hal teknis yang harus kamu perhatikan.

  • Jangan Terlambat. Keterlambatan bisa mengurangi waktu pengerjaan soal. Kamu juga gak akan memiliki jeda waktu untuk menenangkan diri. Ada baiknya sehari sebelum ujian kamu survei lokasi agar ketika waktunya ujian kamu tidak nyasar. Tidur lebih awal dan jangan lagi belajar, agar besoknya bisa bangun pagi-pagi dan tidak terlambat ke Lokasi.
  • Jangan Lupa Peralatan Perang. Ingat peralatan tulis dan semua yang dibutuhkan untuk ujian harus benar-benar disiapkan dan dimasukan ke dalam tas. Ketika ujian tidak akan ada orang yang mau meminjamkanmu.
  • Jangan Gugup dan Berdoa. Kamu harus bisa menenangkan diri ketika ujian. Untuk itu jangan lupa berdoa. Kegugupan hanya akan membuat konsentrasimu menjadi buyar. Dan bila mendapat soal yang tidak kamu bisa, jangan panik dan cemas. Lewati saja biar kamu bisa konsen dengan soal berikutnya.
  • Hati-hati dengan Prosedur Teknis Ketika Mengerjakan Soal. Jangan sampai kamu gak lulus gara-gara prosedur teknis ini.
  • Jangan Menjawab Jawaban yang Gak Kamu Ketahui. Jawaban yang salah hanya akan membuat poinmu berkurang. Ingat untuk selalu tenang dan gak panik meskipun banyak sekali soal yang gak kamu bisa. Ambil poin sebanyak-banyaknya dari soal yang bisa kamu kerjakan.
  • Perhatikan Waktu. Kamu harus punya patokan waktu pengerjaan untuk tiap soal. Jangan mengerjakan soal melebihi waktu yang telah diperkirakan, karena akan membuang waktumu. Bila ada soal yang sangat sulit, dan menghabiskan waktu sebaiknya lewatkan dan tepis rasa penasaranmu. Ingat kamu harus mencuri point untuk menjawab soal yang lain.


6. Minta Doa dan Dukungan
Dukungan dan doa dari orang-orang terdekat, terutama orangtua akan membantu memacu semangat dan motivasimu. Banyaknya doa dari mereka yang menyayangimu tentunya bisa jadi mukjizat yang nyata. Terakhir adalah berdoa dan minta yang terbaik ke pada Tuhan. Karena kamu harus yakin apapun yang terjadi nantinya adalah yang terbaik untuk kamu.

Demikian Tips Sukses dan Strategi Lulus SBMPTN dari saya untuk tips lainnya bisa langsung pergi ke Tips Ampuh Lulus Soal SBMPTN, jika ada salahnya mohon perbaiki dengan coment di bawah. Semoga berguna dan bermanfaat bagi adek-adek semua. Selamat berjuan menempuh tes SBMPTN tahun ini. Good Luck...!!!